Minggu, 28 Februari 2010

G-SHOCK MTG 1000BR






Pernahkah Anda membayangkan betapa hebatnya teknologi mesin jam tangan yang digunakan sekarang? Saking canggihnya saya agak kesulitan untuk melakukan penyettingan waktunya karena banyaknya tombol-tombol fungsi yang digunakan. Ternyata kerumitan dalam sebuah produk teknologi menghasilkan suatu teknologi jam tangan yang benar-benar Tough and Sophisticated. Salah satu mahakarya dari Jepang sana yang sekarang saya miliki adalah jam tangan G-SHOCK MT-G. Mungkin sebagian orang tahu bahwa G-Shock adalah jam yang tahan terhadap kondisi ekstrem. Dipanaskan, didinginkan, dijatuhkan dari ketinggian tertentu tidak memberikan efek rusak yang besar terhadap kondisi mesin jam. Jika sebelumnya saya mengenal G-shock sebagai jam tangan digital, namun sekarang banyak bermunculan produk G-shock dengan mesin analog-digital bahkan full analog seperti MTG 1000 ini.

G- Shock tipe ini juga dinamakan dengan G-shock MT-G Hibrida. MTG merupakan jam tangan dengan tampilan full analog yang mesinnya dirancang dengan sistem perpetual calendar artinya sekali kita menyetting waktu gak ada alasan buat disetting kembali kecuali kalo baterainya drop. Sistem penanggalannya automatis di rancang dari tahun 2000 sampai dengan 2099. Jarum-jarumnya terbuat dari aluminium yang sangat ringan yang diperkuat dari cincin kuningan. Paduan logam ini mengurangi dampak tumbukan antarjarum jam ketika jam tangan mengalami guncangan atau getaran.

Lihatlah casingnya, casingnya terbuat dari paduan logam stainless steel dengan resin yang disusun bertumpang tindih. Fungsi resin hitam yang melingkar adalah untuk menyerap guncangan. Disekeliling resin terdapat empat buah sekrup dengan posisi yang simetris, selain menunjukkan betapa tangguhnya jam ini juga membuat jam ini terlihat lebih cantik. Selain itu jam ini juga ga perlu ganti baterai secara teratur lho! Jam ini memanfaatkan teknologi sel surya yang ada pada dialnya. Sebuah baterai rechargable akan terisi listrik ketika muka jam dikenai sinar matahari atau cahaya lampu. Sekilas kumpulan sel surya ini tidak kelihatan.

Sekarang mari kita tinjau fungsi-fungsi yang bisa dilakukan oleh jam ini.

1. Jam ini dilengkapi dengan detektor penerima gelombang radio (wave ceptor). Ini berarti dia dapat mensinkronisasi waktu asalkan ada pemancarnya. Jika kita bepergian ke Jepang, Amerika, China, atau Eropa kita dapat menggunakan fasilitas ini. Untuk MTG 1000 pada casebacknya tertulis MULTIBAND 5, artinya jam ini dapat menangkap sinyal sinkronisasi dari 5 tempat di dunia: 2 di Jepang, 1 di Amerika dan 2 di Eropa.

2. Fungsi STOPWATCH. Jam ini bisa digunakan sebagai stopwatch untuk waktu maksimum 1 jam. Subdial di bawah jarum utama berfungsi sebagai 1/20 detik Stopwatch, jarum detik pada jarum utama berfungsi sebagai penunjuk detik Stopwatch dan jarum di subdial kanan menunjukkan skala menit. Yang unik dari jam ini adalah bahwa jarum penunjuk detik bukanlah jarum detik yang biasa kita lihat (yang menempel pada jarum utama), melainkan jarum yang terdapat pada subdial di bawah jarum utama. Jarum detik pada jarum utama dinamakan function hand ( yaitu jarum penunjuk untuk memerintahkan suatu fungsi tertentu).

3. Fungsi World time bisa dilakukan oleh jam ini. Lihatlah disekeliling dialnya, disana ada 30 daerah waktu (time zone) dengan kode kota-kota nya di dunia. Dimulai dari LON (menunjukkan waktu London, PAR menunjukkan Paris sampai berhenti di RIO yang menunjukkan Rio de Janeiro ibu kota Brazil. Jikalau kita sering bepergian ke kota-kota tersebut tentunya ini memudahkan kita untuk menentukan waktu di tempat yang kita tuju.

4. Fungsi lain yang tidak dimiliki jam analog lain adalah countdown timer (hitung mundur). Jam ini ternyata dapat melakukannya. Pada fungsi ini maka jarum-jarum jam akan bergerak terbalik yaitu berlawanan arah dengan pergerakan jarum jam yang biasanya.

5. Jam ini juga dilengkapi dengan alarm yang dapat dibunyikan sesuai waktu yang kita inginkan. Sayangnya hanya 1 alarm yang bisa difungsikan.

6. Fungsi yang terakhir adalah sebagai penunjuk waktu (time keeping mode). Pada fungsi ini maka kita akan mendapati bahwa jarum yang ada pada subdial bawah jarum utama berfungsi sebagai second, jarum pada subdial kanan menunjukkan hari dan jarum pada subdial kiri menunjukkan waktu 24 jam. Di bagian bawah subdial juga terdapat penunjuk tanggal yang disetting secara automatis sampai tahun 2099.

Untuk seri MT-G ini CASIO meluncurkan beberapa produk seperti Casio MTG 1000-1, MTG 1000G-9, MTG 1000BR dan MTG 1000RB. Seri MTG yang saya punya ini adalah MT-G 1000BR (black rose).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar